Skip to main content

Biografi Maudy Ayunda, Artis Cantik Lulusan Oxford dan Stanford University

 


Siapa yang tidak mengenal Maudy Ayunda? Artis cantik kebanggaan Indonesia ini yang dulu viral berkat pintar kreatif yang membuat ia akhirnya lolos di 2 Universitas terbaik dunia yaitu Stanford dan Harvard. Hingga akhirnya ia memilih Stanford University dan mendapatkan gelar M.B.A dan M.A. penasaran dengan sosok Maudy Ayunda? Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Ayunda Faza Maudya adalah seorang aktris, model, aktivis, penulis dan penyanyi asal Indonesia yang sudah sangat terkenal. Gadis kelahiran 19 Desember 1994 ini memulai kariernya di perfilman Indonesia lewat judul Untuk Rena pada tahun 2005.

Selanjutnya, ia kemudian membintangi beberapa film lain seperti Perahu kertas pada tahun 2012, Refrain pada tahun 2013, dan Habibie & Ainun pada tahun 2019.

Di bidang musik, Maudy pertama kali merilis album pada tahun 2011 yang berjudul Panggil Aku… dengan lagunya yang paling hits kala itu adalah “Tiba-tiba Cinta Datang”. Kemudian, Muady akhirnya merilis 3 album yang berbeda yaitu Panggil Aku (2011). Moments (2015), dan Oxygen (2018). Tidak hanya itu, ia juga merilis 2 album mini yaitu My Hidden Collection (2013) dan The Hidden Tapes:Vol.1 pada tahun 2021.

Selain menjadi penyanyi, Maudy juga kerap mengisi suara dari beberapa film yang ia bintang. Terdapat pula beberapa lagu ost film yang ia mainkan.

Karir Maudy Ayunda

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Maudy Ayunda memulai karirnya pada tahun 2005 dengan sebuah judul film “Untuk Rena”. Di dalam Film tersebut ia berperan sebagai Rena.

Lewat film yang ia mainkan, Maudy menerima penghargaann sebagai Aktris Utama terpilih pada Festival Film Jakarta 2006 di usianya yang menginjak 11 tahun. Kemudian ia juga dinominasikan dalam MTV Indonesia Movie Awards pada tahun 2006 dengan kategori Most Favorite Rising Star.

Tidak hanya mengawali karir di dunia perfilman Indonesia, ia juga merilis buku pertamanya yang berjudu A Forest of Fables. Di dalamnya berisi 17 dongeng pendek tentang satwa yang ada di hutan. Seluruh hasil penjualan buku tersebut ia sumbangkan pada korban tsunami Aceh 2004 kala itu.

Selanjutnya, pada tahun 2009 Maudy Kembali mendapatkan peran di dalam sebuah film yang di produksi oleh Miles Films yaitu Sang Pemimpi. Film tersebut adalah sekuel film dari Laskar Pelangi yang dulu sempat viral.

Di dalam film Sang Pemimpi, Maudy tidak hanya berperan sebagai Zakiah Nurmala, namun ia juga menyanyikan salah satu sountrack-nya yang berjudul “Mengejar Mimpi”. Sejak saat itu, nama Muady Ayunda semakin dikenal banyak orang dan terpilih menjadi salah satu finalis gadis sampul 2009.

Setidaknya, ada 15 film yang perna di mainkan oleh Maudy Ayunda hingga 2021 yaitu:

·       Untuk Rena (Rena)

·       Sang pemimpi (Zakiah Nurmala)

·       Rumah Tanpa Jendela (Andini)

·       Tendangan dari langit (Indah)

·       Malaikat Tanpa Sayap (Mura)

·       Perahu Kertas (Kugy)

·       Perahu Tanpa Kertas 2 (Kugy)

·       Refrain (Niki)

·       2014: Siapa di Atas Presiden (Laras)

·       Battle of Surabaya (Yumna)

·       Trinity, The Nekad Traveler (Trinity)

·       Trinity Traveler (Trinity)

·       Habibie & Ainun 3 (Ainun Muda)

·       Losmen Bu Broto (Jeng Sri)

Kehidupan Pribadi

Maudy Ayunda adalah putri dari pasangan Didit Jasmedi R, Irawan dan Muren Murdjoko. Ia memiliki 1 adik cantik bernama Amanda Khairunnisa. Kepintaran Maudy Ayunda sudah terlihat sejak ia kecil.

Pada umur 3 tahun, Maudy sudah memiliki hobi membaca. Kemudian akhirnya bersekolah di Mentari Intercultural School yang dimana, sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah yang umum menggunakan bahasa Inggris. Awalnya ia cukup kesulitan untuk berada di sekolah tersebut, karena ia biasanya hanya menggunakan bahasa Jawa dan bahasa Indonesia di rumah.

Kemudian ia memulai debut filmnya dan berhenti sejenak dari dunai hiburan untuk fokus dengan dunia pendidikannya. Sejak SMP dan SMA, ia aktif di berbagai kegiatan yang ada disekolahnya seperti menjabat menjadi ketua OSIS dan lain sebagainya.

Maudy kemudian melanjutkan pendidikannya Universitas Oxford di Inggris dan mengambil jurusan P.P.E (Polotics, Philosophy, and Economics). Ia menyelesaikan pendidikannya kurang lebih 3 tahun dan lulus di tahun 2016.

Kemudian ia berencana menlanjutnya S2 dan diterima 2 Universitas yang berbeda yaitu Stanford dan Harvard. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengambil Stanford University dan lulus di tahun 2021 dengan gelar ganda yang ia terima yaitu M.B.A dan M.A

Pendidikan

·       SD: Al- Izhar

·       SD: Mentari Intercultural School, Jakarta

·       SMP: Mentari Intercultural School, Jakarta

·       SMA: British School Jakarta

·       S-1: Universitas Oxford, P.P.E (Politics, Philosophy, and Economics) – 2016

·       S-2: Universitas Stanford, M.B.A (Master of Business Adminsitration) dan M.A) Master of Arts in Education) – 2021

Penghargaan

Lewat namanya yang kian naik dan populer di industri tanah air, Maudy kerap mendapatkan banyak sekali nominasi dan penghargaan dari awards terkenal. Seperti baru-baru ini, Maudy Ayunda terpilih menjadi salah satu nama di Forbes Asia 30 Under 30, 2021.

Tidak hanya itu, di bawah ini kami akan berikan beberapa penghargaan yang pernah diterima oleh Muady Ayunda:

·       Aktris Utama Terpilih di Festival Film Jakarta (2006)

·       Lagu Tema terpilih di Piala Maya (2012)

·       Female Singer of The Year di Indonesian Choice Awards (2015)

·       Lifestyle Awards untuk Pendidikan di I Fahion Festival (2015)

·       Milenial Paling Berpengaruh di I Fashion Festival (2017)

·       Influencer Digital Terbaik di BUBU Awards (2017)

·       Forbes Indonesia 30 under 30 (2020)

·       Forbes Aisa 30 under 30 (2021)

Dan sejumlah nominasi lain yang pernah diterima oleh Maudy Ayunda.

Itulah biografi singkat mengenai Maudy Ayunda yang dapat menambah wawasan kamu mengenai artis cantik kebanggan Indonesia ini. Semoga ulasan kami dapat membantu dan selamat membaca!

Baca juga :

10 Drama Korea Han So Hee yang Membuat Namanya Naik Daun

Comments

Popular posts from this blog

Profil dan Biodata Asmirandah Lengkap Karier dan Keluarga

Industri hiburan Indonesia dikenal dengan keberagaman dan keunikan talenta-talenta lokal. Salah satu bintangnya yang berhasil mencuri perhatian dengan pesonanya yang memikat adalah Asmirandah. Profil Singkat Asmirandah Asmirandah, wanita berparas bule kelahiran Jakarta pada 5 Oktober 1989, memiliki nama asli Asmirandah Zantman. Sejak kecil, Andah sudah menunjukkan minat dan bakatnya dalam dunia hiburan, terlibat dalam teater dan berbagai kompetisi akting sejak masa remaja. Asal Usul dan Keluarga Asmirandah lahir dari pasangan beda negara; ayahnya, Anton Farmidji Zantman, berasal dari Belanda, sedangkan ibunya, Sani Suliwati, berdarah Betawi. Wanita berdarah Belanda ini tumbuh dalam keluarga beragama Islam, dengan seorang adik perempuan bernama Kezia Marissa. Perjalanan Karier Kiprah Asmirandah dalam industri hiburan dimulai dengan membintangi serial televisi "Cinta SMU 2" sebagai Sandra. Kemampuannya membawa peran membuatnya terus berkembang, membintangi puluhan

Biografi Olga Syahputra, Komedian yang Meninggal 8 Tahun Lalu

Yoga Syahputra atau akrab disapa Olga Syahputra adalah seorang komedian, presenter, dan aktor terkenal di Indonesia. Ia lahir pada tanggal 8 Februari 1983 di Jakarta, Indonesia. Nama lengkapnya adalah Olga Syahputra Manaf. Olga merupakan anak ketiga dari empat bersaudara dalam keluarga Syahputra. Sejak kecil, Olga sudah menunjukkan minat dan bakat di bidang seni peran. Ia sering mengikuti berbagai kegiatan teater dan seni di sekolahnya. Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah, Olga melanjutkan pendidikan di Universitas Pelita Harapan (UPH) dengan mengambil jurusan Manajemen Informatika. Karier Olga Syahputra di dunia hiburan dimulai pada awal tahun 2000-an. Ia sering tampil di acara-acara komedi seperti "Opera Van Java" dan "Empat Mata". Dalam acara tersebut, Olga dikenal karena kepiawaiannya dalam improvisasi dan kemampuannya membawakan berbagai karakter dengan gaya komedi yang khas. Selain karier di televisi, Olga juga aktif di dunia perfilman. Ia memb

Biodata Kim Chaehyun, Center Kep1er yang Mempesona

Hai-hai Kpop Lover’s , kali ini kita akan membahas secara lengkap biodata Kim Chaehyun, salah satu personil cantik di girl grup bernama Kep1er. Kim Chaehyun adalah penyanyi dan penari Korea Selatan yang berada di naungan Wake One Entertainment. Partisipasinya dalam acara MNET Survival Show, Girls Planet 999 menghasilkan prestasi yang cukup gemilang lho guys, yaitu juara satu. Dari situ, ia kemudian menjadi salah satu anggota kelompok vokal wanita KEP1er dengan 8 anggota lainnya. Dari semua staf yang diperkenalkan, bisa dibilang Kim Chaehyun yang paling menarik perhatian. Memang, visual Chaehyun sangat mirip dengan Irene Red Velvet. Kim Chaehyun lahir di Busan, Korea Selatan, 26 April 2002. Dia sekarang berusia 19 tahun. Meskipun berasal dari Busan, kota dengan yang paling kedua di Korea Selatan di Korea Selatan dengan dialek tebal atau Satoori, Chaehyun tampaknya tidak berbicara aksen. Mengandung Kim Chaehyun, ibunya memimpikan harimau putih kecil. Inilah yang kemudian m